Sabtu, 06 Desember 2008

Gank sekolaH

Geng Sekolah

Hampir setiap sekolah di Jogja ini mempunyai geng, seperti :

  • STEMBAYO/SMK N 2 Depok dengan XTM alis eXtra Trouble Maker (Skul gua ni bro,keren kan)
  • SMA 6 dengan GNB alias Geneb
  • SMA 11 Dengan REM alias Ras Eleven Mania, awalnya bernama Betrix, tidak tahu kenapa namanya diganti Betrix sendiri menjadi geng di kawasan ledok Tukangan
  • SMA 9 Dengan GNZ alias Ganza singkatan dari sagan satu, karena sma9 terletak di jl. sagan no satu
  • SMA 1 Depok dengan BBC alias Babarsari
  • SMA MUH.1 dengan Oestad
  • SMA 4 dengan SMC alias Sunday Morning CArtoon, ada juga sebagian yang ikut Humoriezt (salah satu geng yang lumayan punya nama, dan banyak cabang hingga pelosok-pelosok desa)
  • SMA 5 dengan Roever  alias republik five revolution
  • SMA 8 dengan CBZ alias Canteen Boys, karena mereka nongkrong di kantin. Kantin khusus di dekat lapangan basket.
  • SMA 10 , kalau tidak salah SMUTEN
  • SMA Muh 2 dengan RANGER
  • SMA Muh 3 : GRIXER
  • SMA Muh 4 : Warrior

Kemudian geng-geng itu berkelompok dan ada yang bermusuhan, misal antar SMA 6 dan SMA 9, antara SMA 11 dan SMA 1 Depok, SMA Muh. 1 dengan SMA 9. Korban jiwa yang pernah ada, setahu saya adalah siswa SMA 9, yang meninggal akibat terkena panah beracun dari oknum siswa SMA Muh.1 beberapa tahun yang lalu. Namun setelah ada peristiwa itu, geng-geng sekolah tetap eksis, walaupun pernah ada semacam ikrar perdamaian diantara semua siswa SMA di Jogja, agaknya hal itu dihiraukan saja.

Perselisihan yang timbul kadang sepele saja, misal pacarnya X digoda oleh seseorang dari SMA Y, kemudian bisa menimbulkan tawuran.

Jika harimau mati meninggalkan belang, maka geng sekolah meninggalkan coret-coretan, ya sesuai dengan inisial nama gengnya tadi. Biasanya coret-coretan itu dapat ditemui di tempat yang mudah dilihat orang. Meskipun tidak lama kemudian dibalas oleh gang yang menjadi lawan, biasanya dengan cara dicoret, dan ditablek dengan nama geng sekolahnya. Hal ini menjadi salah satu penyebab tawuran juga. Salah satu aksi yang tergolong nekat adalah mencoret papan nama sekolah musuh dengan nama geng sekolahnya

Remaja sendiri pada masa-masa SMA sangat dekat dengan peer groupnya (teman) daripada dengan orang tua ataupun lingkungan rumah, dikarenakan juga pengaruh puber dan mungkin cara didik yang keliru. Pada masa remaja, bukanlah cara yang tepat jika hanya didikte oleh orangtua, harus ini harus itu. Dan kebanyakan orangtua hanya memberi larangan. Oleh kaerna itu mereka lari ke peer groups dimana disana hanya ditemukan kesenangan, kebebasan, dan dukungan penuh atas keinginan-keinginan baik itu yang positif maupun negatif. Jika keinginan itu negatif, maka rokok, obat, minuman keras, mungkin seks adalah salah satunya. Sudah bisa ditebak mau mengarah kemana kan hidup remaja tersebut?

2 komentar:

Susanto mengatakan...

Menurut saya, setelah mengamati gank-gank sekolah di Jogja, BBC meruapakn gank yang paling sering melakukan aksi tawuran. Menurut anak BBC sendiri, BBC sampai saat ini memiliki musuh-musuh antara lain :
- SMC (SMA N 4 Jogja)
- RVR (SMA N 5 Jogja)
- GBZ (SMA N 7 Jogja)
- GNZ (SMA N 9 Jogja) ????
- SMT (SMA N 10 Jogja)
- REM (SMA N 11 Jogja)
- RGR (SMA Muh 2 Jogja)
- GXR (SMA Muh 3 Jogja)
- GNX (SMA Muh 5 Jogja)
- RSP (SMA Muh 7 Jogja)
- NBZ (SMA Bopkri 1 Jogja)
- MBZ (MAN 3 Jogja)
- RGZ (SMA Tiga Maret)
- SOC (SMA 1 Kalasan)
- CMS (SMA N 1 Mlati)
- NXZ (SMA N 1 Sleman)
- PLZ (SMA N 1 Ngemplak)
- XTM (SMK N 2 Depok)
- RZA ???
- dan masih banyak lainnya yang tidak diketahui...

Sedangkan BBC hanya mempunyai 1 gank teman, yaitu CBZ (SMA 8 Jogja).. Dan yang menarik lagi, ada gank cewek BBC yang bernama 'BBC Girl Power'.. terlihat banyak corat-coretan 'BBC Girl Power' dimana-mana...

Menurut sumber, nama BBC sudah ada sejak tahun 80-an.. BBC adalah singkatan dari 'Barikade Bocah Cuek'..

Menurut saksi mata, pada tahun 2005 dan 2007, dengan tanggal yang sama yaitu 3 Desember, terjadi peperangan besar bagi BBC.. Pada tahun 2005, BBC diserang oleh gabungan belasan SMA dengan jumlah motor 200... Pada saat itu terjadi pertempuran yang besar dan menjadi peristiwa bersejarah BBC, karena BBC bangga dapat mengalahkan belasan SMA melawan satu. Hal itu terulang lagi pada tahun 2007 dengan tanggal yang sama dengan belasan SMA mendatangi BBC. Tetapi sebelum sampai di depan BBC, hanya sekitar 10 orang BBC mengejar gabungan SMA tadi sehingga mereka berbalik arah dan tidak lagi menyerang BBC.. Dan nyatanya, 10 orang tadi justru dapat mengalahkan gabungan SMA yang semula akan menyerang BBC..

Itu tadi sedikit dari banyak kisah bersejarah BBC... BBC memang sudah eksis di dunia tawuran pelajar Jogjakarta...
Namun gank-gank lain yang masih eksis yaitu, OESTAD, GNB (tapi sekarang hampir bubar), CBZ, dll.

Maaf jika kurang lengkap karena saya hanya sebagai pengamat tawuran SMA di Jogja saja.

Mas Paidjo mengatakan...

Ada yang ketinggal. Kayake adminnya juga tau. NCZ (No CaZta) punya anak SMA N 2 Jogja. Dulu tahun 1997-2000 (pas saya SMA), sering banget tawuran sama... (guess who) HRZ alias HUMORIEZT!!! Waktu itu HRZ afiliasinya SMA N 4 jogja. Ya khan...

salam

alumni SMADA '00